Lanyard adalah tali yang dikenakan di leher, untuk menahan benda-benda kecil seperti ponsel, kunci, peluit atau lencana, sekarang lanyards sudah menjadi barang bekas. Lanyard umumnya terbuat dari nilon poliester, katun, denim, satin, kulit, PVC atau dibuat dalam berbagai warna dan ukuran yang bervariasi.

Asal Muasal Lanyard

Dalam dunia militer, lanyard pada mulanya digunakan untuk menghubungkan pistol, pedang atau sinyal peluit ke perwira kavaleri atau angkatan laut. Banyak komandan resimen menggunakan tali di sebelah kiri, memungkinkan pengguna menarik peluit dari saku mereka untuk berkoordinasi dengan pasukan.

Trend Lanyard Bergeser

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan, tren lanyard berubah menjadi lebih variatif. Pelan-pelan lanyards telah menjadi tren di kalangan masyarakat maupun dunia bisnis. Biasanya, lanyard menggunakan dileher sebagai gantungan tali / kartu identitas.

Tapi sekarang pengikat kartu id (lanyard) menjadi umum digunakan oleh siswa, karyawan, bisnis, konser, konvensi dan pameran dagang. Perusahaan biasanya meminta pegawainya untuk mengenakan tali pengikat id selama jam kerja untuk menggantungkan ID (Kartu Karyawan / Kartu RFID).

Dalam kehidupan sehari-hari tali id card juga digunakan untuk menggantung kacamata, handphone, kunci, USB flash drive, USB Modem dan MP3 player.

Lanyard Sebagai Alat promosi

Presentasi masih dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran terpenting. Tali di card Lanyard bisa menjadi alat promosi alternatif yang efektif, karena bisa digunakan untuk menyampaikan pesan bisnis kepada calon konsumen, sebagian besar string kartu id biasanya memiliki logo atau produk perusahaan tertentu yang tercetak di atasnya. Ini membantu perusahaan dalam mempromosikan merek atau produk perusahaan mereka untuk mencapai kampanye pemasaran yang mereka inginkan.

Dalam memilih jenis kartu id strap untuk promosi harus memiliki efek visual yang baik (eye catching) sehingga menambah daya tarik pada produk atau perusahaan, variasinya bisa pada bahan dan desain yang anda buat.

Hal ini bisa terwujud jika Anda memilih jenis cetak yang tepat seperti digital printing atau digital printing yang cocok untuk desain yang berisi foto produk. Tali pengikat dengan desain atau pola yang sesuai memungkinkan Anda mengekspresikan kepribadian perusahaan Anda.

Keuntungan menggunakan lanyard:

• Kampanye personalisasi dan pemasaran:
Logo, gambar kartun favorit, tim olahraga favorit, logo perusahaan, merek (brand) produk. .

• Kenyamanan dan keamanan:
Lanyards yang sering digunakan untuk menampung kartu karyawan atau id resmi dalam acara atau pameran, juga bisa dijadikan gantungan kunci.

Jenis tali id lanyard Nylon polyester yang sering digunakan saat ini :

1. Sarung (tube/shoe lace) bentuknya seperti sarung.
2. Kilap dibuat dari bahan polyester yang mengkilat.
3. Doff dibuat dari bahan polyester tanpa filamen, hingga tampilannya doff
4. Tissue yang permukaannya halus hampir mirip seperti facial tissue.
5. Reflektif karena benangnya terbuat dari filamen memantulkan cahaya (scotchlite).